Wednesday, April 24, 2013

PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN C++

Pengertian Bahasa C++

Sebelum membahas tentang  pengertian pemrograman bahasa c++, mari kita pelajari tentang apa arti dari pemrograman. Pemrograman adalah mengubah suatu masalah yang dapat dimengerti oleh komputer dan dipecahkan oleh komputer. Sedangkan bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (peirntah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program atau script, sehingga kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Untuk mendefinisikan program komputer, maka bahasa pemrograman ini memakai suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara akurat data mana yang akan diolah komputer.
Bahasa pemrograman sangat banyak macam-macamnya, misal : bahasa C, C++, JAVA, Javascript, Phyton, PHP, dan lain-lain yang mungkin puluhan atau ratusan bahasa lainnya. Namun yang akan saya bahas dalam artikel kali ini adalah bahasa C++. Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh (Bjarne Strostrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bll Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. Bahasa C++ merupakan bahasa permrograman yang memiliki sifat pemrograman berorientasi objek. Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik. Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, setelah beberapa class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan class.
Contoh perbedaan salah satu yang paling mendasar antara bahasa C & bahasa C++ adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming). Meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama, namun C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil. Bahasa C++ merupakan salah satu contoh dari sekian banyaknya bahasa tinggi yang mudah dipahami oleh manusia. Contoh lain dari bahasa tingkat tinggi adalah bahasa C, Pascal, Perl, Java, dan lain-lain. Sedangkan bahasa tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa assembly. Program di komputer / Laptop hanya  dapat dieksekusi oleh bahasa yang ditulis dalam bahasa mesin. Jika suatu program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi, maka program tersebut harus diproses dahulu sebelum bisa dijalankan di komputer. Ada 2 type proses  dalam bahasa pemrograman untuk mengubah dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah yaitu intrepenter dan compiler. Bahasa pemrograman seperti bahasa C dan bahasa C++ merupakan contoh dari type compiler. Namun ada juga bahasa yang menggabungkan 2 tipe ini salah satunya adalah bahasa Java.
Berikut adalah kelebihan bahasa C++ :
- Kode bahasa C++ dengan porbalitas dan fleksibilitas yang tinggi untuk semua jenis komputer.
- Kecepatan programnya relatif lebih cepat dibanding dengan program yang sama buataun bahasa lain.
- bisa dipakai di bebbagai platform karena menggunakan bahasa standart ANSI.
- bahasa C++ hampir tersedia disemua jenis komputer.
- Bahasa C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian lebih mendukung OOP.
- Mendukung pustaka fungsi dan class yang banyak sehinggga memungkinkan pembuatan aplikasi makro.
- C++ hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci yaitu 48 kata kunci.
- Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan file header.
- Bahasa C++ dapat membuat aplikasi graphic prossesor berkualitas tinggi.

Tidak hanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki C++, tetapi ada juga kekurangan seperti dibawah ini :
-C++ walaupun tidak terpengaruh oleh Sistem Operasi, tetapi tool untuk developmentnya harus spesific pada salah satu sistem operasi.
contohnya : visual studio hanya dapat berjalan di sistem operasi windows.
- C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok unuk mengajarkan konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar.
- C++ ada konsep pointer yang sangat membingungkan, ini adalah salah satu alasan mengapa C++ menjadi momok yang paling tidak disukai.

Cukup sekian artikel yang saya bagikan tentang arti program bahasa C++. Untuk pembahasan tentang contoh script atau coding menggunakan bahasa C++, silahkan melihat postingan saya yang lain. Semoga ketikkan saya dapat bermanfaat, terima kasih.

4 comments:

  1. Replies
    1. ada mas silah kan buka aja link ini

      http://indramulyo123.blogspot.com/2013/05/contoh-c-luas-segitiga.html#.UgFxnU36jIU

      ituw artikel selanjutnya yang sudah saya pos kan
      semoga bermanfaat ^^

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. terimaksih y gan postingaya sangat bermanfaat

    ReplyDelete