Friday, May 31, 2013

CONTOH SCRIPT MENGGUNAKAN BAHASA C++ MENENTUKAN BILANGAN APAKAH GANJIL ATAU GENAP

Kita semua sudah tahu apa itu komputer atau laptop. Tapi terkadang kita lupa bahkan tidak tahu bahwa perangkat tersebut terdapat suatu program sehingga dapat dijalankan atau dipakai untuk kegiatan bekerja sehari-hari. Pasti anda pernah berpikir bagaimana cara membuat suatu program, namun yang harus kita pahami adalah pengertian & fungsi program tersebut karena banyak sekali macam-macam bahasa pemrograman. Dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang ada di dunia ternyata mempunyai tingkatan atau level masing-masing. Yang saya bahas kali ini bukan tentang pengertian atau fungsi bahasa pemrograman, namun hanya contoh script bahasa c++ yang telah saya buat. Program yang saya buat adalah sebagian kecil dari banyaknya dasar-dasar program bahasa c++.

Sebelum membuat program kita di haruskan mengetahui dan mempunyai rencana dulu dari awal, proses dan hingga akhir dari hasilnya, misalkan saya ingin membuat program menentukan bilangan yang hasil nya apakah bilangan ganjil atau bilangan genap. Untuk membuat programnya  kalian harus tahu awal tentang pengertian bilangan ganjil & bilangan genap.
Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi dua ( 2 ), maka sisa 1 (satu ).
contoh bilangan ganjil : 1, 3, 5, 7, 9, ...dst
Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi 2 (dua), maka sisa 0 (nol).
contoh bilangan gneap : 2, 4, 6, 8, 10, ...dst
Bilangan Bulat adalah semua bilangan selain pecahan atau desimal, terdiri dari : bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif.
contoh bilangan bulat : dst... -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, ...dst
Setelah tahu awal pengertiannya dan contohnya, maka bilangan ini akan di inputkan / di masukkan oleh user (di proses) dan akan keluar hasil output apakah bilangan ganjil / genap.
Berikut adalah contoh screenshoot hasil nya :



Masukkan bilangan adalah perintah program dari cout, kemudian user ketik angka 100 (perintah program Cin), lalu tekan enter, maka hasil yang keluar bilangan genap. Inti dari program saya adalah bilangan genap jika angka di bagi 2 maka sisa hasil bagi nya adalah 0, maka jika tidak berarti bilangaan ganjil.
Contohnya :
100 : 2  = 50 sisa hasil bagi adalah 0 ( berarti 100 adalah genap)
36 : 2 = 18 , sisa hasil bagi adalah 0 ( bearti 36 adalah genap)
77 : 2 = 38 , sisa hasil bagi adalah 1 ( berarti 77 ganjil)
9 : :2 = 4 , sisa hasil bagi adalah 1 ( berarti 9 adalah ganjil )

Mudah bukan ? Kalau perintah yang diinpukan sudah masuk, maka hasilnya kalau tidak bilangan ganjil maka akan muncul hasil yang lain yaitu bilangan genap.
Nah Sekarang adalah Script untuk Program C++ nya :

#include<iostream.h>
#include<conio.h>



int main()
{
int a;

cout<<"masukkan bilangan : " ;
cin>>a;

if(a % 2 == 0)
cout<<" bilangan genap";
else
cout<<" bilangan ganjil" ;

getch();
}


Dalam C++ sisa hasil bagi di tulis dengan  % . Logika penjelasan nya seperti yang saya paparkan di atas bukan ? Jika anda masih bingung atau ada pertanyaan silahkan hubungi saya. Sekian dulu postingan artikel yang dapat saya bagikan, kurang lebihnya mohon maaf. kritik dan saran anda sangat saya perlukan untuk koreksi pembaca khususnya saya pribadi , semoga bisa bermanfaat terima kasih.

No comments:

Post a Comment