Sunday, May 19, 2013

MEMBUAT FORM TIKET JAVASRIPT DAN MENGGUNAKAN ALERT PERINGATAN

Di bawah ini salah satu adalah Contoh Tugas Algoritma dan pemrograman 2. Langsung saja simak di bawah ini  permrogramannya menggunakan bahasa JavaScript :

Gambar pertama di bawah ini adalah Saya menerapkan Jika inputan atau masukan pertama Nama kosong maka maka akan  saya munculkan Alert/Peringatan .



Selanjutnya Saya juga menerapkan Alert / Peringatan pada inputan ke 2 tetapi inputan/masukan ini berupa option / pilihan objek select pada Tujuan.
 Jika pilihan sudah terpenuhi maka melanjutkan eksekusi pada inputan  yang berupa pilihan objek select yaitu Pilihan kelas . jika tidak terpenuhi sama seperti sebelumnya, saya juga menggunakan peringatan.
 Tapi jika terpenuhi akan langsung menuju ke inputan Jumlah tiket.

Syarat peringatan alert pada Jumlah Tiket ini berbeda dengan inputan sebelumnya. karena disini inputan harus di isi dan juga inputan harus berupa angka. bila di inputkan selain angka misal nya : huruf atau simbol-simbol , maka tidak akan bisa mengeksekusi pada tahap perhitungan selanjutnya. Oleh karena itu saya menerapkan hanya angka saja inputan agar dapat dihitung untuk tahap selanjutnya.

Untuk Lebih jelasnya Lihat Gambar di bawah ini :
   





Pada bagian inputan Member saya tidak memberikan Peringatan. Karena disini hanya mengeksekusi  Checkbox.  isi Checkbox ini hanya Ya atau tidak. Jika di klik Checked =  benar berarti  Member nya berisi Ya. Jika tidak di klik maka Member berisi Tidak . Member pada checkbox ini juga memberikan nilai pada diskon. Misalnya :  apabila member maka mendapatkan diskon 10% dari sub total.

Sub Total disini adalah Harga tiket yang sudah di tentukan menurut Tujuan dan Kelas dikalikan dengan Jumlah tiket yang ingin di pesan/di beli.
Jika bukan member maka tidak akan mendapatkan diskon atau diskon = 0 .

di bawah ini adalah Tampilan apabila inputan benar dan Sebelum di hitung.





dan gambar selanjutnya adalah inputan nya benar dan setelah dihitung :




Disini Saya hanya menerangkan Logika saya saja. Namun untuk rincian script bahasa Javascript nya, silahkan melihat postingan saya yang lain script menggunakan alert.
Mohon maaf bila ada Penulisan kata - kata yang salah dan Kurang berkenan.
Disini saya masih perlu banyak belajar dan sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca.

Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat , terima kasih telah berkunjung. 

No comments:

Post a Comment